Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI

  1. Berkarakter bela negara, yaitu cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, menyakini Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara.
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  3. Mampu memelihara dan mengembangkan jejaring kerja secara kolaboratif dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  4. Kemampuan menerapkan pengetahuan Ilmu Tanaman dan konsep dasar Produksi Tanaman, Tanah dan konsep dasar Sumber daya lahan, serta Hama penyakit tanaman dan konsep perlindungan tanaman terhadap hama Penyakit secara terpadu.
  5. Kemampuan menguasai prinsip-prinsip penerapan teknologi pertanian untuk menyelesaikan permasalahan di bidang pertanian.
  6. Kemampuan menganalisis, merencanakan dan menerapkan sistem pertanian dataran rendah mengacu pada prinsip pertanian berkelanjutan, baik yang bersifat modern maupun yang mengangkat kearifan lokal, secara efektif dan produktif. 
  7. Kemampuan mengkaji implementasi penerapan sistem pertanian berkelanjutan yang memperhatikan dan menerapkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  8. Kemampuan menguasai teknologi perbanyakan tanaman, dan pengelolaan tanaman sesuai dengan zona agroklimat.
  9. Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan bidang sumberdaya lahan
  10. Kemampuan mendiagnosa, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan hama penyakit tanaman.
  11. Kemampuan menguasai prinsip dan issue terkini tentang pertanian dataran rendah dan permasalahan lingkungannya.
  12. Penguasaan teknologi dan mampu mengkomunikasikan dengan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan pertanian baik lisan maupun tulisan.

PROFIL PROFESIONAL MANDIRI AGROTEKNOLOGI

  1. Ahli pertanian dataran rendah yang mampu menggunakan llmu rekayasa dan manajemen serta menguasai teknologi untuk merencanakan dan mengelola pertanian berkelanjutan.
  2. Seorang profesional atau wirausahawan di bidang pertanian dataran rendah yang mampu berpikir dan bertindak mandiri atau kelompok, mampu mengembangkan jejaring kerja secara kolaboratif berdasarkan norma dan unsur bela negara yaitu cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, meyakini Pancasila sebagai Ideologi negara, rela berkorban bagi bangsa dan negara, memiliki kemampuan awal bela negara.
  3. Menjadi profesional yang mampu menerapkan dan mensinergikan ilmu pengetahuan, serta  mampu menganalisa permasalahan, yang bekerja dengan efektif, efisien, dan tangguh di tempat kerjanya.
EnglishIndonesian